Sunday, November 6, 2011

My Story Board for RPG class: Looking for Arjuna






Nama
Matius Hebi  Anjarmoko





Judul Ide Game / Game
Looking for Arjuna

Synopsis
Tujuan Game : Mempelajari Bahasa Inggris (simple present) menggunakan game
Materi Game : Soal dalam game diambil dari LKS

Deskripsi Game :
Game ini termasuk game pendidikan atau game edukasi. Jenis game yang digunakan  adalah game petualangan. Pemain yang dimainkan adalah pemain tunggal (single player), yaitu Arjuna. Di dalam game ini ada pengumpulan score dan petualangan.


Deskripi singkat petualangan :
Game ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Arjuna yang berasal dari negri Amarta. Arjuna adalah seorang pemuda yang gagah tetapi sayang dia sering mengalami Amnesia ringan karena terjatuh dari atap rumahnya saat dia masih kecil. Suatu hari saat Arjuna sedang berkemah di hutan, dia didatangi oleh seseorang yang mengaku bernama Resi Bharata. Resi itu mengatakan kepada Arjuna jika dia ingin menyembuhkan Amnesia yang dia derita maka dia harus menempuh perjalanan ke Negri Indraprastha untuk mendapatkan obat penyembuh. Arjuna sangat senang mendengarnya, tetapi Resi mengatakan bahwa perjalanan ke Negri Indraprastha tidaklah mudah. Arjuna harus melewati berbagai rintangan berbentuk soal yang harus dia selesaikan untuk mencapai Negri yang dimaksud. Selama menempuh perjalanan Arjuna harus teliti dalam menyelesaikan tugas yang dia dapatkan untuk masuk ke level berikutnya. Tidaklah mudah tetapi dengan tekad yang ada pastilah semua dapat terjadi.






Alur Setting Permainan :

Setting 1 : Wana Camp
Karakter:
  1. Arjuna
  2. Resi Bharata
  3. People
Deskripsi :
Di Wana Camp yang merupakan setting awal dari game ini, Arjuna akan bertemu dengan Resi Bharata. Resi memberikan petunjuk kepada Arjuna bagaimana cara untuk masuk ke level berikutnya. Tidak hanya itu, Resi mengingatkan untuk bertanya kepada orang-orang yang Arjuna temui di Wana Camp guna mendapatkan petunjuk untuk masuk kedalam level berikutnya

Setting 2 : Lake Amba
Karakter :
  1. Arjuna
  2. Animals
  3. Villain
Deskripsi :
Arjuna berhasil masuk ke level berikutnya. Di Lake Amba ini Arjuna yang gagah tetapi amnesia bertemu dengan penjahat (villain). Penjahat ini menggoda dan mempermainkan Arjuna dengan berbagai soal yang harus dia jawab. Tidak hanya itu, Arjuna juga harus meladeni binatang-binatang yang mendiami Lake Amba agar dapat masuk ke level berikutnya di game ini.

Setting 3: Wana Laga
Karakter :
  1. Arjuna
  2. Heroes
  3. Witches
Deskripsi :
Masuk kedalam Wana Laga, Arjuna bertemu dengan berbagai karakter. Disini dia bertemu dengan para perkasa (heroes) dan penyihir (witches) yang berparas cantik yang sangat menggodanya. Disini lagi Arjuna harus menjawab pertanyaan dan mengumpulkan beberapa item sebagai syarat masuk ke setting yang terakhir dalam game ini yaitu Indraprastha.

Setting 4 : Indraprastha
Karakter :
  1. Arjuna
  2. Resi
Deskripsi :
Alangkah kagetnya Arjuna saat melihat Indraprastha. Yang dia lihat ternyata bukan tempat yang super atau wah, ternyata yang dia lihat hanya kampungnya sendiri. Arjuna marah! Arjuna murka! terhadap Resi. Arjuna ingin membunuh Resi karena menipunya, tetapi Resi berkata (review) sekarang apakah kamu sudah ingat siapa dirimu? Resi memberikan soal. Arjuna terdiam dan akhirnya dia tersadar bahwa penyakit Amnesianya hilang. Sekarang dia dapat mengingat siapa dirinya dengan jelas, semua itu berkat perjalanan yang ditempuh dan soal-soal yang diberikan selama perjalanan sehingga dia dapat mengetahui dirinya. Arjuna berterima kasih kepada Resi Bharata. Heppi ending… teng… tong….


Kondisi menang :
Kondisi menang apabila berhasil menemukan benda dengan memenuhi syarat yang diberikan di setiap stage atau menjawab pertanyaan yang diajukan.

Kondisi Kalah :
Jika salah menjawab pertanyaan sebanyak 3 kali

Keuntungan dari Permainan :
Permainan ini dapat digunakan untuk mengulang dan mengevaluasi pemahaman siswa akan ungkapan dasar untuk interaksi sosial dan simple present bagi SMK kelas 1


No comments:

Post a Comment